Yang Punya Jamur Kuku Wajib Baca, Ini Cara Mengobatinya

mengobati jamur kuku

cara mengobati jamur kuku

www.ragasehat.com – apakah dantara kalian ada yang mempunyai penyakit jamur kuku? Atau mungkin diantara kalian belum tahu apa itu jamur kuku?  Jamur kuku itu merupakan infeksi jamur yang menyerang kuku baik itu kuku tangan maupun kuku kaki. Yang saya tau selama ini jamur kuku yang terdapat dikaki sih.

Jamur kuku ini bisa menginfeksi seluruh jari kita bisa tanyan maupun kaki, jika kuku sudah terinfeksi biasanya kuku itu akan keliatan ada semacam noda kuning kotor pada kuku. Dan itu tidak bisa dibersihkan dari luar karena itu berada didalam dibawah kuku diatas kulit jari.

Jika kita potong ujung kuku yang terdapat jamur kukunya akan kelihatan antara kuku yang sehat dan kuku yang terinfeksi jamur.  Setelah kita potong dan kemudian dibalik maka akan kelihatan sekali perbedaanya. Kuku yang sehat itu memiliki tekstur yang keras dan warnanya putih agak bening, kalau kuku yang terinfeksi berwarna putih kotor, kukunya rapuh jika dikorek pake pemotong kuku akan rontok butiran-butiran putihnya.

Cara penularan jamur kuku

Penularan jamur kuku memalui kontak langsung dengan kuku yang sudah terinfeksi jamur kuku. Jadi harap berhati-hati jika ada seseorang yang mempunyai penyakit jamur kuku.

Dengan benda yang terinfeksi jamur kuku, misalnya pemotong kuku. Sebaiknya jangan menggunakan pemotong kuku milik orang lain siapa tau pemotong kuku tersebut sudah terinfeksi jamur kuku lebih baik gunakan pemotong kuku milik sendiri jika tak ingin tertular jamur kuku.

Cara mengobati jamur kuku

Mengobati jamur kuku itu bisa menggunakan cara medis atau pake salep yang dijual banyak di apotek-apotek. Suatu ketika saya akan membeli saleb yang banyak diiklankan di tv. Itu yang merknya **trix, ternyata harganya ga murah seperti harga salep jamur kulit. Selisihnya lumayan jauh akhirnya ga jadi beli lha wong duitnya kurang haha..

Selain cara medis mengobati jamur kuku bisa diobati dengan cara lain misalnya :

Menggunakan minyak saitun

Ternyata minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobati penyakit jamur kuku caranya cukup simple dan gampang yaitu oleskan minyak zaitun pada kuku yang terinfeksi jamur kuku, oleskan kurang lebih 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm esensia oregano.

Menggunakan cuka

Selain untuk campuran bahan makanan cuka juga bisa digunakan untuk mengobati jamur kuku, dengan tingkat keasaman yang tinggi cuka mampu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh jamur. Cara penggunaannya cukup mudah kok, tinggal disemprotkan cuka pada kuku yang terinfeksi jamur atau bisa juga dioles, tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih

Menggunakan lemon

Cara yang ketiga yaitu dengan menggukanan lemon. Ternyata lemon bisa digunakan untuk mengobati jamur kuku, didalam kandungan melon memiliki sifat anti jamur yang baik dan juga memiliki sifat antibiotik. Cara menggunakannya juga gak susah, melon tinggal dibelah saja kemudian melon diperas langsung diteteskan pada kuku yang  terinfeksi.

Menggunakan bawang putih

Bawang putih yang biasanya digunakan untuk memasak ibu-ibu rumah tangga juga memiliki sifat anti jamur juga hamper sama dengan lemon yang juga kita manfaatkan untuk mengobati jamur kuku. Bawang putih halus ditambahkan dengan cuka putih, oleskan campuran dari ramuan tersebut pada kuku yang terinfeksi jamur kuku, tutup dengan perban, biarkan selama beberapa menit atau jam baru dibuka.

Menggunakan tea tree oil

Kandungan pada tea tree oil ini memiliki sifat anti jamur, sama juga dengan bawang putih yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati jamur kuku. Cara menggunakannya adalah campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan inyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan campuran itu ke kuku yang terkena jamur kuku, tunggu beberapa menit baru bisa dibilas.

Nah itu adalah beberapa cara mengobati jamur kuku, teman-teman bisa memilih pengobatan mana yang sekiranya cocok, lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, jika berkenan bisa dishare ke teman-teman mungkin diatara mereka ada yang membutuhkan informasi ini..terima kasih

 

Leave a Reply