Waspadai Penyakit Yang Datang Di Musim Hujan

waspadai penyakit yang datang di musim hujanRaga sehat com – Waspadai penyakit yang datang di musim hujan – Musim hujan sudah datang disini hampir tiap hari hujan selalu mengguyur. Daerah yang rawan banjir selalu terganang airnya. Anak-anak kecil jika hujan datang dan melihat ada genangan air senangnya luar biasa. Main hujan-hujanan sambil bermain air dikubangan-kubangan. Itu perlu diwaspadai bisa saja penyakit datangnya lewat air hujan.

Banyak penyakit-penyakit yang datangya di musim hujan ada juga penyakit yang penyebarannya lewat air hujan. Jadi sebaiknya perlu berhati-hati jika anggota tubuh kita terkena genangan air sebaiknya segera dicuci dengan menggunakan air mengalir.

Penyakit-penyakit di musim hujan

Berikut ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat musim hujan

  1. Demam berdarah

Penyakit demam berdarah ini penyebarannya dilakukan oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini berkembang biak digenangan air. Sebaiknya jika ada genangan air segera dibuang. Benda-benda yang tidak terpakai sekiranya bisa menampung air sebaiknya ditanan saja agar tidak dijadikan sarang nyamuk untuk berkembang biak. Waspadai juga tempat-tempat yang lembab karena biasanya nyamuk suka terhadap tempat yang lembab.

  1. Influenza

Karena cuaca yang tidak menentu perubahan suhu bisa mengakibatkan daya tahan tubuh kita drop dan mudah tertular flu. Influenza ini penyakit menular jadi perlu diwaspadai jika berdekatan dengan penderita influenza ini.  Flu ini di tularkan oleh virus RNA dari familia orthomyxovitidea, seseorang akan merasakan hidung tersumbat, demam bisa juga sampai menggigil ada juga sampai kepala pusing, bila itu sudah terjadi segera melakukan tindakan agar cepat sembuh.

  1. Leptospirosis

Penyakit ini disebarkan oleh tikus dari air kencingnya. Didukung dengan air hujan maka penyebarannya semakin cepat dan luas. Leptospirosis ini bisa menginfeksi siapa saja penularannya lewat kulit yang terluka sehingga bakteri tersebut bisa masuk ke tubuh kita. Gejala ang akan dialami penderita leptospirosis biasanya  diawali dengan flu ringan ataupun flu berat kondisi seperti itu tidak akan lama belangsung sekitar 3-7 hari. Gejala lain juga mengalami sakit pada tenggorokan, batuk juga rasa nyeri didada.

  1. Disentri

Penyakit disentri ini merupakan infeksi pada usus yang disebabkan oleh parasite atau bakteri pada saluran pencernaan. Seseorang yang menderita disentri akan mengalami buang-buang air besar lebih sering dibandingkan saat normal, kotorannya biasanya dalam keadaan encer disertai oleh lendir. Seseorang disentri juga akan merasakan demam tinggi, perut terasa akan melilit  mual-mual disertai muntah.

  1. Penyakit kulit

Hujan secara terus menerus akan membawa aliran air entah darimana saja asalnya, kemungkinan besar juga akan membawa bakteri juga virus. Penyakit gatal ini juga bisa disebabkan karena jamur, suhu yang lembah akan memudahkan jamur berkembang. Penyakit kulit bisa saja berasal dari alergi, infeksi penyebabnya apa kalau bukan kurang menjaga kebersihan.

Itulah beberapa penyakit dimusim hujan yang perlu kita waspadai, jagalah kebersihan lingkungan  dan tubuh anda agar penyakit itu tidak mudah menular ketubuh kita ini. Jangan lupa minum suplemen tambahan untuk daya tahan tubuh kita agar tidak mudah drop. Semoga artikel ini berguna untuk kita semua. Terima kasih

Leave a Reply