Seputar Penyakit Virus Zika

penyakit-virus-zikaBelakangan ini di Indonesia dihebohkan dengan adanya berita tentang penyakit baru yang mulai masuk Indonesia. Penyakit penyakit yang namanya aneh-aneh flu babi, flu burung, flu singapura, aids, trus apalah lupa, yang paling baru adalah penyakit virus zika. Sebenarnya apa itu virus zika? Virus Zika merupakan salah satu virus dari jenis Flavivirus. Virus ini memiliki kesamaan dengan virus dengue. Penyebaran dari virus zika ini lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Infeksi demam berdarah Dengue sendiri saat ini jumlah kasusnya meningkat di Indonesia yang memang sering terjadi pada musim hujan. Seperti kita ketahui bahwa selain menjadi vektor atau pembawa virus Dengue dan virus Zika, nyamuk ini juga membawa virus Chikungunya. Siapapun memiliki resiko terkena penyakit ini, makanya jauhi lokasi lokasi dimana terdapat virus zika.

Gejala penyakit virus zika

Gejala apa yang ditunjukkan bagi penderita penyakit zika ini? Bagi penderita virus zika ini biasanya mengalami demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, lemas. Biasanya berlangsung 2-7hari. Penyakit ini biasanya bisa sembuh dengan sendiri jika kondisi tubuh dalam keadaan baik dan bisa pulih 7-15hari. Untuk saat ini belon ada vaksin atau obat yang spesifik untuk virus zika ini. Pencegahan untuk virus ini tak tauh beda dengan pencegahan terhadap penyakit demam berdarah, yaitu:

  • Melakukan pemberantasan terhadap sarang nyamuk seperti menguras, menutup dan mengubur agar tidak dijadikan sarang nyamuk.
  • Menghindari kontak dengan nyamuk.
  • Memakai baju yang bisa menutup sebagian kulit.
  • Menghindari pemakaian wewangian yang dapat menarik perhatian nyamuk seperti parfum dan deodorant.
  • Gunakan bahan penolak serangga yang terdaftar pada badan perlindungan lingkungan atauenvironmental protection agency (EPA), sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan. Instruksi yang terlampir akan memberikan informasi mengenai pengaplikasian ulang, area pengaplikasian yang diperbolehkan, waktu dan durasi pengaplikasian.
  • Gunakan kelambu pada tempat tidur jika area yang Anda kunjungi tidak memiliki hal di atas.

Saat ini ada banyak Negara yang telah melaporkan keberadaan kasus penyakit virus zika daintaranya Amerika latin, Karebia, Brasil, Barbados, Kolombia, Ekuador, El Salvador, French Guiana, Guatemala, Guyana, Haiti, Honduras, Martinique, Meksiko, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Suriname dan  Venezuela.

Jika sudah ada yang terinfeksi virus zika apa saja yang harus dilakukan;

  • Konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi
  • Minum obat-obatan yang dapat mengurangi demam atau nyeri.
  • Istirahat yang cukup
  • Lakukan pengobatan kepelayanan kesehatan terdekat.
  • Jangan kengkonsumsi aspirin.

Menjaga kebersihan bisa mengurangi kemungkinan terjangkitnya penyakit virus zika ini karena jika lingkungan kita bersih maka kemungkinan kecil nyamuk akan bersarang..

Leave a Reply