Penyebab Sakit Nyeri Punggung Bawah

penyebab-sakit-nyeri-punggung-bawahSakit nyeri punggung pada bagian bawah sering kali dialami oleh banyak orang, biasanya rasa nyeri dirasakan pada mereka yang usianya telah menginjak dekade kedua. Kerap kali ditemukan atau dijumpai pada mereka yang masuk pada dekade kelima. Keluhan nyeri ini semakin lama semakin meningkat hingga masuk usia sekitar 55 tahun.

Tetapi gangguan nyeri punggung bawah ini semakin sering ditemukan pada mereka yang masih berusia muda. Anak-anak dan remaja saat ini semakin berisiko mengalami nyeri punggung bagian bawah yang disebabkan banyak menghabiskan waktu didepan komputer atau membawa tas sekolah yang berat saat ke sekolah.

Penyebab nyeri punggung bawah banyak dan bervariasi. Menurut dr lucia penyebab rasa nyeri punggung dibagi menjadi tiga kelompok yakni nyeri punggung bawah non spesifik, nyeri punggung dengan sindrom radikuler  dan nyeri punggung kelainan patologis serius.

Jenis yang perlu diwaspadai adalah nyeri punggung dengan keseriusan atau keparahan pada stadiun lanjut disertai sindroma radikuler. Penyebabnya adalah adanya keretakan pada tulang belakang, infeksi, atau ditandai oleh neurologis yang berat.

Faktor yang berperan dalam perubahan nyeri punggung bawah menjadi kronis adalah kecemasan, depresi, stres. Hal ini dapat menempatkan orang pada peningkatan resiko nyeri punggung kronis.

Terapi terhadap penyakit ini tergantung dari penyebabnya. Prinsip terapi pada gangguan ini pertama adalah terapi farmokologi atau dengan menggunakan obat-obatan. Jenis obat yang biasa dipakai dalam terapi ini adala analgesik non opooid, anelgesip opioid dan analgesik adjuvan atau kombinasi dari berbagai analgesik

Kedua terapi non farmokologi, terapi fisik, terapi spiritual,  dan terapi energi atau akupuntur,akupresur, refleksologi, yuga shiatsu.

Ketiga, terapi invasi non bedah dalam perkembangan penatalaksanaan nyeri punggung berkembang dengan interveni management.

Keempat, terapi bedah. Tindakan bedah dipertimbangkan apabila penanganan konserfatif selama dua sampai empat bulan gagal.

Berikut berbagai cara penanganan yang dapat dilakukan oleh diri sendiri agar rasa nyeri menjadi tidak berkepanjangan

  1. Saat mengalami nyeri punggung, sebisa mungkin tetap aktif dan beraktifitas seperti biasa, berjalan kaki atau melakukan kegiatan sehari-hari justru akan membantu pemulihan nyeri yang diderita.
  2. Jika rasa nyeri yang dirasakan tidak kunjung reda dan rasa sakit tidak tertahankan bisa mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuproven.
  3. Penelitian menunjukkan bahwa pemulihan akan menjadi lebih cepat pada pengidap yang tetap berfikir posotif bila dibandingkan mereka yang mengalami stres
  4. Terapi manual dengan mengkompres panas atau dingin dapat membantu meredakan nyeri. Tempelkan koyo’ apa oleskan balsem pada area yang sakit.

Leave a Reply