Penyebab Obesitas Pada Anak Di Indonesia

penyebab obesitas pada anak

penyebab obesitas

Penyebab obesitas pada anak di Indonesia – obesitas atau kegemukan pada anak sudah sering kita jumpai dilingkungan kita biasanya hal ini terjadi karena banyaknya mengkonsumsi makanan dimana makanan tersebut mengandung banyak kalori. Didalam sebuah penelitian diluar negeri mengatakan bahwa penyebab obesitas pada anak disebabkan oleh pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas atau olah raga setiap harinya.

Sebagia orang tua beranggapan bawa jika anak-anak yang memiliki tubuh yang gemuk atau gendut adalah sehat dan dianggap menggemaskan sebenrnya anggapan seperti itu tidak benar karena jika anak memiliki tubuh yang gemuk memiliki efek negatif bagi pertumbuhan anak tersebut.

Kasus obesitas pada anak di Indonesia pada beberapa kaktu yang lalu adalah obesitas pada arya,  anak yang masih berusai 10 tahun memiliki berat badan sampai 190kg, waow sangat fantastis. Efek negatif yang dialami adalah mengalami sesak nafas saat berjalan hal ini dikarenakan dia harus menahan barat badannya.

Penyebab obesitas pada anak

Ada beberapa faktor yang bisa meyebabkan obesitas pada anak, diantaranya adalah:

  1. Kurangnya aktivitas fisik.

Penyebab obesitas bisa terjadi karena kurangnya aktivitas fisik atau bisa disebut kurang olahraga. Jadi seseorang yang sedikit melakukan aktivitas fisik maka kebutuhan akan kalori juga sedikit didukung dengan mengkonsumsi makanan yang berlemak dan tidak diimbangi dengan olahraga maka lama kelamaan lemak akan menumpuk.

  1. Genetik

Penyebab obesitas selanjutnya karena genetic atau bisa disebut turunan. Biasanya jika kita lihat jika orang tuanya memiliki badan yang gemuk maka anak-anaknya juga gemuk tetapi ini hanya sebagian sih tidak semuanya yeng sebaliknya juga banyak.

  1. Pola makan yang berlebihan

Obesitas tidak hanya disebabkan karena makanan tetapi obesitas bisa terjadi karena pola makan yang selama ini dilakukan. Mengkonsumsi makanan tanpa control bisa membuat perut penuh terisi makanan.  Nonton tv sambil ngemil tanpa disadari sudah abis 2 toples makanan, jika dilakukan setiap hari maka dipastikan obesitas akan menghantuimu.

  1. Gaya hidup

Sekarang ini seseorang sudah dimanjakan oleh sesuatu yang instan dan makanan pun seseorang maunya juga yang instan. Banyak gerai makanan yang menyajikan makanan cepat saji atau junk food. Padahal makanan cepat saji atau junk food itu tidak bagus untuk tubuh tetapi malah menjadi trend masa kini, didalam makanan cepat saji ini hanya mengandung sedikt gizi didalamnya dan mengandung lemak jenuh yang banyak, hal itulah yang bisa menyebabkan obesitas pada anak.

Maka dari itu kita harus selalu teliti dalam menjaga kesehatan anak atau menjaga jesehatan untuk keluarga kita, karena obesitas itu tidak baik untuk anak, dan itu menjadi awal datangnya berbagai penyakit. Untuk itu jika menemui anak yang mengalami obesitas segeralah berkonsultasi ke dokter untuk menentukan dan mengukur berapa berat badan yang ideal untuk anak berusai tertentu.

Itu lah sedikit ulasan tentang penyebab obesitas pada anak di Indonesia. Semoga didalam artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, terima kasih

Raga sehat com

Leave a Reply