Penyebab Dan Cara Mengobati Haid Terlalu Banyak

penyebab dan cara mengobati haid

penyebab dan cara mengobati haid terlalu banyak

Penyebab dan cara mengobati haid terlalu banyak – Haid atau menstruasi atau datang bulan itu merupakan siklus alami yang dialami oleh wanita pada umumnya, biasanya haid atau datang bulan pada wanita normalnya terjadi satu bulan sekali, dan biasanya lamanya haid kurang lebih 3-7 hari itu yang normal malahan terkadang ada juga yang lebih lama.

Akan tetapi setiap wanita mempunyai masa haid yang berbeda-beda ada yang cepat ada juga yang lama terkadang ada juga seorang wanita yang mengalami haid dalam satu bulan bsa sampe 2x. da nada juga masalah lain yang dialami oleh wanita yaitu haid yang terlalu banyak dan terkadang bisa sampe lama. jadi apa penyebab dan bagaimana cara mengobati haid terlalu banyak itu ya

Penyebab haid terlalu banyak

Penyebab haid terlalu banyak – Haid yang berlebihan dan terlalu banyak pada seorang wanita biasanya disebut menorrhagia, dan hal ini bisa saja terjadi pada setiap wanita. Mensruasi yang berlebihan dan tak kunjung berhenti akan mengakibatkan terganggunya pada kehidupannya sehari-hari, dan juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Jadi apa penyebabnya haid yang terlalu banyak ?!

Jadi berikut ini adalah penyebab datang bulan atau haid yang terlalu banyak, diantaranya adalah :

Ketidakseimbangnya hormon

Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan siklus menstruasi tanpa adanya ovulasi atau pelepasan sel telur yang pada saat bersamaan akan menstimulasi tubuh agar mensekresikan hormon progesteron, jadi jika hormon ini jumlahnya sedikit bisa mengakibatkan perdarahan berat saat menstruasi.

Kelainan pendarahan

Kelainan pada darah atau saluran aliran darah sanggup membuat pendarahan berlebihan. Penyakit yang kerap menimpa individu dengan kategori seperti ini adalah Von Willebrand Disease (VWD). Penderita penyakit ini umumnya tidak punyai protein darah spesifik yang selayaknya ada. Selain menstruasi tidak tertata yang ditandai dengan pendarahan berlebihan, gampang memar dan mimisan adalah dua tanda-tanda lain penyakit ini.

Alat kontrasepsi ( IUD )

Memakai alat kontasepsi iud bisa menjadi penyebab umum wanita mengalami haid atau pendarahan yang berlebihan. Kontrasepsi jenis ini umumnya dapat meningkatkan pendarahan mensruasi pada beberapa wanita, dan jika hal ini teradi padamu sebaiknya alat itu dilepas saja sementara.

Disfungsi ovarium

Penyebab lainnya wanita banyak terlihat darah menstruasinya adalah disfungsi ovarium. Jika ovulasi tak berjalan sepanjang siklus menstruasi, hormon progesteron tidak berproduksi. Hal ini membuat ketidakseimbangan kandungan hormon yang bisa  berakibat terjadinya  menorrhagia .

Itulah beberapa penyebab haid yang terlalu banyak. Setelah kita mengerti penyebab dari apa yang kita alami ada baiknya kita konslutasikan ke Dokter untuk penanganan lebih lanjut Karen jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal bagi tubuh kita ini.

Cara mengobati haid terlalu banyak secara alami

Jika anda ingin mengobati menghentikan haid yang terlalu banyak dengan menggunakan bahan-bahan alami atau herbal hal ini sah-sah saja. Karena tidak semua orang berobat secara medis ada juga yang lebih suka menggunakan pengobatan secara alami atau herbal.

Untuk mengobati haid terlalu banyak, bahan bahan yg perlu disediakan adalah :

  • Daun andong sebanyak 5 lembar
  • Air secukupnya

Cara membuatnya :

  • Rebus daun andong dengan air yang telah disediakan, kurang lebih 200ml. rebus hingga mendidih dan sisakan airnya kurang lebih 100ml
  • Setelah itu angkat dan dinginkan
  • Saring untuk memisahkan ampas dan airnya
  • Ramuan obat untuk haid terlalu banyak sudah jadi tinggal diminum saja
  • Minum 1x dalam sehari
  • Lakukan secara teratur hingga penyakitnya sembuh.

Demikianlah sedikit informasi didalam artikel ini tentang penyebab dan cara mengobati haid terlalu banyak, semoga info ini bisa memberi manfaat buat para pembaca semua. Terima kasih

Leave a Reply