Penyebab Cacar Air Pada Anak

cacar-airPenyebab cacar air pada anak – cacar air merupakan suatu kondisi dimana kulit seseorang bermunculan berupa lentingan yang biasanya berwarna kemerahan dan didalamnya berisi cairan. Lentingan tersbut mudah sekali pecah walaupun terkena sedikit sentuhan. Cacar air itu disebabkan oleh virus varisela zostar yang biasanya menyerang anak tetapi tidak menutup kemungkinan bisa menyerang orang dewasa walaupun ini sedikit sakali kasus yang ditemukan.

Cacar air merupakan penyakit menular jadi jika seseorang yang mengidap penyakit ini sebaiknya tidak keluar dan berinteraksi dengan teman-temannya karena bisa saja temannya bisa tertular cpenyakit cacar air ini. Akan tetapi kondisi tersebut kembali pada kekebalan yang dimiliki seseorang tersebut.

Jika memiliki kekebalan tubuh yang tidak baik atau seseorang itu dalam kendisi yang kurang vit maka kemungkinan besar dia akan tertular. Penularannya penyakit cacar air ini melalui kontak langsung dengan si penderita, bisa juga terkena ludah dari penderita, makanya sebaiknya menghindari kontak langsung dengan penderita ini guna mengantisipasi akan tertularnya penyakit ini.

Gejala dari cacar air

Seseorang penderita cacar air awalnya akan merasakan panas deman, biasanya mengalami :

  • kedinginan seperti gejala rasa demam
  • Badan akan terasa lemas kurang lincah
  • Tidak doyan makan karena lidah terasa agak pahit
  • Pandangan mata seperti berkunang-kunang
  • Kepala terasa sakit

Jika seorang anak mengalami gejala gejala seperti diuraikan diatas maka kita harus cepat dalam menanggulanginya, karena jika tidak segera diambil tindakan bisa-bisa penyakitnya menjadi parah.

Penyebab cacar air

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa penyebab dari penyakit cacar air adalah virus varisela zostar yang menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Jika seseorang pernah mengalami sakit akibat dari cacar air kemungkinan besar dia tidak akan terkena penyakit itu lagi terkecuali virus yang berada didalam tubuhnya belum hilang maka bisa jadi akan terserang cacar air yang kedua tetapi tidak akan separah yang pertama.

Penularan cacar air pada anak

Penyakit cacar air ini mudah sekali menular dengan kita berinteraksi dengan penderita bisa saja kita akan tertular maka dari itu kita perlu menjaga anak kita agar tidak tertular dari penyaki ini. Penularan cacar air pada anak bisa terjadi karena :

  • Lemahnya kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh tiap orang berbeda-beda ada yang kuat ada juga yang lemah, jika system kekebalan tubuh lemah maka akan mudah sekali tertular penyakit baik itu cacar air maupun penyakit lainnya.

  • Lewat kontak fisik/badan

Penularan yang tak kalah cepat adalah dengan kontak fisik dengan penderita cacar air. Sebaiknya menghindari hal ini jika tidak ingin tertular

  • Melalui udara

Karena Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Dan virus itu bisa menyebar melalui udara. Maka perlu berhati-hati berdekatan dengan penderita cacar air. Dengan dia bersin saja dah tersebar banyak virus berterbangan diudara, sebaiknya gunakan masker untuk mencegah masuknya virus itu kedalam saluran pernafasan kita

  • Pakaian /handuk

Penderita cacar air sebaiknya menggunakan handuk khusus untuk dirinya sendiri,hindari pemakain handuk/pakaian secara bergantian karena rentan tertular karena disinyalir virus bisa saja menepel pada handuk maupun pakaian yang pernah penderita kenakan.

Pencegahan terhadap penyakit cacar air

Pencegahan agar tidak tertular cacar air yaitu dengan menghindari kontak fisik dengan penderita, untuk penderita cacar air sebaiknya diisolasi beberapa hari untuk penyembuhannya, pemberian vaksin cacar pada anak, menjaga kebersihan dilingkungan rumah, tubuh, bersihkan tubuh sekiranya habis berdekatan dengan penderita cacar air, bisa juga membersihkan benda-benda yang habis dipegang penderita.

Sekiranya itu dulu artikel tentang penyebab cacar air pada anak, semoga artikel ini bisa sedikit membantu atau menambah wawasan tentang penyakit cacar air.  Jika berkenan bisa dishare ke teman atau saudara agar mereka juga bisa membaca artikel ini, terima kasih.. www.ragasehat.com

Leave a Reply