Penyakit Lupa Ingatan, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

penyebab dan cara mengatasi penyakit lupa ingatan

penyakit lupa ingatan

Penyakit lupa ingatan , penyebab dan cara mengatasinya – lupa ingatan itu biasa disebut amnesia kalangan masyarkat, hal ini bisa terjadi atau dipengaruhi beberapa faktor mulai dati terganggunya daya ingat seseorang atau dari tergangunya fungsional.  Penyakit lupa ingatan pada organik atau fungsional disebabkan mungkin karena kerusakan pada otak seseorang, bisa juga karena penyakit atau trauma serta bisa juga karena obat-obatan.

Akibat dari penyakit lupa ingatan atau amnesia ini seseorang tidak dapat mengingat ataupun membayangkan peristiwa yang sudah terlewati atau masa lalu. Penyakit lupa ingatan bisa digolongkan menjadi dua yaitu lupa ingatan jangka pendek atau sementara dan lupa ingatan jangka panjang.

Lupa ingatan jangka pendek / sementara

Terjadinya lupa ingatan jangka pendek atau sementara bisaterjadi pada seseorang mungkin karena faktor penuaan bisa juga dkarenakan faktor yang lain misalnya adanya penyakit, cidera, sedang dalam kadaan stress. Kurangnya asam lambung disinyalir bisa membuat seseorang lupa ingatan sementara. Tapi hal ini biasanya bisa untuk disembuhkan caranya dengan meningkatkan daya ingat, dilakukan atau sering melakukan latihan asah otak model yang ringan-ringan saja misalnya dengan mengisi teka teki silang.

Lupa ingatan jangka panjang

Hilangnya memori dalam jangka waktu yang panjang biasanya terjadi pada seseorang yang telah memiliki usai tua. Memori berangsur-angsur hilang dan lupa terhadap sesuatu yang berada disekitarnya tidak terkecuali pada saudara sendiri.  Hal lain adalah aestesi juga bisa menyebabkan hilangnya ingatan pada otak sehingga pasien tidak ingat akan kejadian disaat itu.

Penyebab lupa ingatan

Ada beberapa yang menjadi penyebab lupa ingatan diantaranya adalah :

  • Kurang istirahat

Untuk seseorang yang mengalami kurang istirahat atau kurang tidak bisa menyebabkan gangguan pada otak khususnya apa memori, karena otak tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup menyebabkan daya konsentrasi menurun sehingga menyebabkan sering lupa

  • Mengkonsumsi obat tertentu

Jika seseorang serng mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti obat penenang, obat tekanan darah tinggi serta obat-obatan yang memberikan fungsi menenangkan dalam waktu dekat tidak akan memberikan dampak yang berarti tetapi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang maka menyebabkan kelainan pada memori pada otak yang menyebabkan sering lupa.

  • Mengkonsumsi minuman beralkohol

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras atau beralkohol bisa mengakbatkan seseorang mengalami lupa ingatan dalam jangka waktu yang pendek. Sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman keras karena dengan mengkonsumsi minuman keras 2 gelas setiap hari dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan pada memori otak yang berakibat sering mengalami lupa.

  • Penyakit stroke

Bagi penderia stroke biasanya akan mengalami hilangnya sebagian memori yang ada didalam otaknya hal ini berlangsung lumayan lama tetapi tidak permanen, sering diajak berinteraksi dan berbicara bisa membuat pasien ini berangsur-angsur akan pulih walaupun tidak seperti sebelum sakit.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit lupa ingatan pasti dong ingin penderitaan yang dialaminya segera berakhir, apalagi untuk kalian yang masih berusia muda kan ga keren masa masi muda tapi udah pikun apa kata anak cucu nanti  hehehe. Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit lupa ingatan diantaranya sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi seperi makanan yang bayak mengandung omega 3 dan juga DHA. Dengan sering mengkonsumsi makanan yang bergizi ini maka dapat menjaga organ dalam otak.
  • Istirahat secukupnya agar otak juga bisa meristirahat sehingga fungsi otak bisa bekerja lebih maksimal
  • Melatih otak untuk selalu di melakukan asah otak hal yang menyenangkan tetapi tidak terlalu berat sehingaa memori terasah seperi mengisi tts, permainan strategi bisa game atau catur.
  • Jagan melupakan olahraga karena olahraga sangat diperlukan oleh tubuh agar peredaran darh lancar serta suplai oksigen ke otak bisa tercukupi.

Itulah sedikit pembahasan tentang penyakit lupa ingatan serta penyebab lupa ingatan dan cara mengatasi lupa ingatan, semoga yang walaupun sedikit bisa memberikan manfaat bagi kita semua, jangan lupa untuk selalu melakukan pola hidup sehat agar tidak mudah terserang berbagai penyakit, semoga bermanfaat. By raga sehat

Leave a Reply