Inilah Bahaya Penyakit Antraks

inilah bahayapenyakit antraks

bahaya penyakit antraks

Inilah bahaya penyakit antraks – beberapa hari ini manyarakat dihebohkan dengan munculnya lagi penyakit antraks yang kabarnya sudah memakan korban jiwa. Penyakit antrak ini memang berbahaya dan juga sangat mematikan. Penyakit antraks ini merupakan jenis penyakit yang disebarkan oleh bakteri Bacillus anthracis dan bakteri itu sangat ganas.

Penyakit antraks ini biasanya paling banyak menyerang binatang-binatang  liar yang sudah jinak tetapi bakteri ini juga bisa menginfeksi manusia karena bakteri ini bersifat zoonosis yaitu dapat menularkan penyakit dari hewan ke manusia, akan tetapi tidak bisa menularkan antara manusia ke manusia yang lain.

Penularan penyakit antraks

Penyakit antraks ini ditularkan oleh hewan yang sudah terinfeksi antraks karena adanya kontak secara langsung. Cara penularannya  diantaranya melalui:

  • Melalui kulit

Penularan penyakit antraks ini karena seseorang sengaja maupun tanpa sengaja melakukan kontak secara langsung.

  • Melalui spora

Penularan melalui spora ini karena seseorang tanpa sengaja menghirup spora dari hewan yang sakit.

  • Penularan melalui daging

Penularan melalui daging ini biasanya seseorang telah mengkonsumsi daging dari hewan yang sudah terinfeksi penyakit antraks sehingga spora antraks bisa masuk ke tubuh kita.

Gejala penyakit antraks diantaranya

Ada dua macam gejala dari penyakit antraks ini yaitu

Dari tipe pencernaan

Seseorang akan mengalami mual, muntah, pusing, tidak doyan makan dan suhu tubuh meningkat. Buang air besar berwarna kehitaman, sakit perut yang sangat luar biasa

Dari tipe kulit

Gejala antraks dilihat dari kulitnya biasanya adanya bisul merah kemudian menajadi bisa menjadi besar, dan pada akhirnya pecah dan menjadi luka borok dan akan terasa gatal.

Cara mencegah penularan penyakit antraks

Agar seseorang terhidar dari penyakit antraks ini diperlukan upaya agar jangan melakukan kontak secara langsung dengan hewan yang diduga terinfeksi penyakit antraks, begitu pula dengan menjaga dalam mengkonsumsi makanan khususnya daging. Untuk mengkonsumsi daging tips yang paling penting adalah dengan memasak daging sampai benar benar matang agar bakteri benar-benar mati.

Cara mencegah penularan penyakit antraks adalah

  1. Hindari kontak secara langsung dengan hewan
  2. Cucilah tangan sebelum makan
  3. Belilah daging di pemotongan hewan yang resmi
  4. Masaklah daging sampai dipastikan benar-benar matang.
  5. Jangan menyentuh luka dari binatang yang terinfeksi antraks
  6. Segera laporkan jika kerabat atau tetangga terkena antraks

Demikian pembahasan tentang bahaya penyakit antraks bagi kesehatan manusia, semoga kita bisa menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya, terima kasih

Leave a Reply