Gejala Dan Pencegahan Terhadap Penyakit Leptospirosis

gejala-dan-pencegahan-terhadap-penyakit-leptospirosiswww.ragasehat.com – Penyakit leptospirosis ini bisa menyebar melalui air apalagi saat ini musim hujan jadi lebih mudah menyebar dengan tercampur dengan air hujan jadi sobat perlu berhati-hati jika musim hujan, apalagi jika sobat memiliki luka ditubuh bagian bawah. Karena leptospirosis bisa bisa masuk melalui luka tersebut.

Gejala penyakit leptospirosis

Pada manusia gejala penyakit leptospirosis tidat terlalu terlihat pasti, bisa saja diawali dengan flu ringan maupun berat yang berlangsung sekitar 3-7hari kadang juga disertai demam dan kedinginan serta badan terasa lemas.

Gejala lain ada yang mengalami sakit tenggorokan, batuk, nyeri dada da nada juga yang sampai mutah darah, nyeri kepala, takut cahaya, gangguan mental, radang selaput otak (meningitis), serta pembesaran limpa dan hati.

Bila sobat atau kerabat sobat mengalami gejala ini jangan terlalu panik, yang perlu kita lakukan adalah periksakan kedokter dan melakukan pengecekan urin dan darah. Pengecekan terhadap darah bertujuan untuk mendiagnosa leptospirosis, karena bakteri leptospirosis terdapat didalam urin sejak awal penyakit dan akan menetap selama kurang lebih 3 minggu.

Penyakit leptospirosis dapat diobati dengan menggunakan antibiotika, namun jangan sampai membeli antibiotik tanpa resep dari dokter bisa berbahaya nantinya. Sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter agar bisa dipastikan gejalanya dan cara pengobatannya.

Pemakaian antibiotic yang sembarangan tanpa ada pengawasan dari dokter bisa berakibat bakteri yang akan kita obati akan menjadi kebal terhadap antibiotika sehingga jika mengobati bakteri yang sama selanjutnya akan lebih sulit karena antibiotik yang dipake sudah tidak mempan lagi.

Pencegahan terhadap penyakit leptospirosis.

Ada pepatah mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati yak kan ?? yak karena mencegah lebih mudah daripada mengobati. Langkah awal untuk mencegah penyakit leptospirosis kita harus lebih waspada terhadap semua kencing hewan. Yang jelas mempunyai pola hidup bersih dan sehat merupakan hal paling penting untuk menanggulangi penyakit leptospirosis ini.  Jika terkena kencing dari hewan atau terkena air yang menggenang segeralah mencuci tangan dengan air yang mengalir jangan lupa gunakan sabun anti septik .

Karena tikus sebagai penyebar penyakit ini maka kita harus waspada, kita harus meminimalis gerak dari tikus ini kalau bisa jangan ada tikus dirumah cara membersihkan rumah dengan selalu membuang sampah pada tempatnya dan menyemprot dengan larutan desinfektan seperti lisosn dan creoline tempat yang sering dilalaui tikus.

 

www.ragasehat.com

 

 

Leave a Reply