Fungsi Otot Dan Lemak Untuk Kesehatan

manfaat-otot-dan-lemakPada kesempatan ini Ragasehat.com membahas tentang fungsi otot dan lemak untuk kesehatan. Dalam tubuh kita terdapat otot dan lemak yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Otot sendiri merupakan jaringan yang terdapat dalam tubuh manusia maupun hewan yang memiliki funsi sebagai penggerak tulang. Dan lemak sendiri murupakan senyawa kimia yang mengandung beberapa unsur-unsur karbon yang memiliki sifat tidak mudah larut didalam air. Lemak juga merupakan sumber energy dan berfungsi sebagai penjaga susu tubuh agar tetap stabil.

Jadi fungsi otot dan lemak sangat penting dalam kesehatan kita. Tanpa lemak beberapa vitamin tidak bias diserap oleh tubuh. Lemak sendiri terdiri 2 jenis pertama lemak jenuh dan yang kedua lemak tak jenuh. Lemak jenuh merupakan lemak jahat karena sifatnya yang mudah menempel pada dinding pembuluh darah dan mengeras sehingga keberadaannya mengganggu peredaran darah dan kalau dibiarkan berlarut larut saudah bias dipastikan akan menggangu kesehatan. Dan kalau lemak tak jenuh atau lemak baik ini aman jika dikonsumsi. Lemak tak jenuh salah satunya di minyak kelapa, kacang kacangan, kemiri, dan buah avodkad, minyak wijen,minyak zaitun. Lemak tak jenuh juga memiliki fungsi mampu menurunkan berat badan dan mampu meningkatkan anti bodi.

fungsi otot dan lemak

Fungsi otot salah satunya bisa membakar kalori, agar otot terus tumbuh dan berkembang tentunya diperlukan aktifitas yang menunjang salah satunga dengan olahraga/latihan angkat beban. Latihan yang baik dan benar serta disiplin yang tinggi akan memperoleh hasil yang maksimal dan tubuh yang ideal. Fungsi lemak diantaranya dapat melindungi tubuh dari perubahan, dapat membantu dalam proses pelarutan vitamin dan sebagai cadangan makanan. Banyak beredar rumor yang simpang siur. Jika kita berhenti latihan maka otot bisa berubah menjadi lemak begitu juga sebaliknya jika berhenti latihan maka lemak bisa berubah menjadi otot jika rajin latihan, bener gak ya?? Lemak tidak akan merubah/berkurang bila otot tidak melakukan latihan angkat beban atau bekerja. Malahan jika otot tidak dilatih maka lemak akan bertambah banyak. Jika otot tidak dilatih secara rutin otot tidak akanberubah menjadi lemak tetapi otot kan berubah bentuk menjadi kecil atau kembali keukuran sebelumnya.
Dan jika terlalu banyak mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang banyak tanpa diimbangi aktivitas maka akan menyebabkan menumpuknya lemak dan terjadilah kegemukan. Maka dari itu rajin-rajinlah melatih otot luangkan waktu 10-20menit sehari atau paling tidak 3x seminggu untuk meningkatkan masa otot dan untuk membakar lemak agar tidak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh.

Leave a Reply