Efek Negatif Mengkonsumsi Gula Berlebih Untuk Kesehatan

afek hegatif mengonsumsi gula berlebih untuk kesehatanEfek negatif mengkonsumsi gula berlebih untuk kesehatan –  kali ini raga sehat dot com akan membahas tentang dampak negatif mengkonsumsi gula berlebih untuk kesehatan ini adalah penyakit degeneratif.  Penyakit degenertif ini sendiri adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghancuran terhadap jaringan atau organ tubuh. Penyakit itu biasanya mulai dari penyakit jantung dan diabetes.

Kita dalah keseharian ini tidak bisa lepas dari mengkonsumsi gula, mulai dari masakan, membuat minuman bahkan makanan ringan atau snack yang kita konsumsi tak lepas dari penggunaan gula akan tetapi tinggal bagaimanya kita membatasi penggunaan atau dalam mengonsumsi agar tidak berlebih yang berakibat negatif untuk tubuh.

Macam jenis gula

Ada beberapa macam gula yang biasa kita dapati dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah gula pasir atau gula tebu, ada juga gula merah dan ada juga gula sintetis atau gula buatan. Diantara gula-gula tersebut memiliki kadar yang berbeda. Kira-kira yang paling bagus diantara ketiga gula tersebut kira-kira yang mana ya?

Banyak diantara kita yang mengira bahwa gula merah atau brown sugar adalah gula yang paling baik bagi kesehatan tubuh padahal anggapan tersebut kirang tepat karena didalam klasifikasi dari gula bahwa gula merah ini memiliki kandungan 97% , madu ini memiliki kandungan 80%, gula pasir atau gula tebu memiliki kandungan 55%. Jika ingin mengkonsumsi gula alami yang paling baik adalah gula tebu atau gula pasir karena kandungan gulanya hanya paling rendah yaitu 55%

Jika gula sintetis ini adalah gula yang paling bagus dan paling banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes karena gula sintetis tidak dimetabolisme dalam tubuh, tetap memberikan rasa manis tapi tidak dimetabolisme dalam tubuh dan langsung dirubah menjadi kalori dan itupun kalorinya sangat sedikit.

Kebutuhan gula dalam tubuh

Untuk kebutuhan gula dalam kehidupan sehari-hari  dan juga baik untuk kesehatan  tubuh berbeda-beda, di Amerika kebutuhan gula untuk wanita dalam sehari kira-kira 26gr atau kira-kira sekitar 2 sendok makan. Dan di Indonesia takaran gula yang dianjurkan maksimal 50gr per hari atau sekitar 4 sendok makan.

Efek negatif  dari mengkonsumsi gula berlebih

Diabetes

Diabetes itu merupakan penyakit  yang disebabkan karena kadar gula yang terlalu tinggi sehingga mengakibatkan penurunan kinerja tubuh.

Kulit keriput atau penuaan dini

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti gula pasir akan mengakibatkan percepatan kerutan di wajah hal itu dikarenakan adanya reaksi glikasi.

Obesitas

Karena obesitas bisa menjadi awal dari munculnya penyakit-penyakit yang  lain, karena mengkonsumsi gula bisa menjadi penyebab bertumpuknya lemak-lemak berbahaya disekitar perut

Menu makanan yang baik dan rendah gula adalah beras merah karena beras merah jenis dari karbohidratnya yang berbeda karbohidrat complex yaitu dalam pelepasan karbohidratnya perlahan-lahan jadi nanti kadar gula dalam darah kita lebih terkontrol  dan memberikan rasa kenyang yang lama.

Roti gandum

Kadar gula dalam roti gandum juga rendah tetapi juga tergantung takarannya akan tetapi roti gandum ini baik karena dia memiliki serat

Yogurt.

Karena  yogurt juga memiliki serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita

Susu.

Mengkonsumsi susu yang megandung low fat susu rendah lemak

Itulah pembahasan tentang efek negatif mengkonsumsi gula berlebih untuk kesehatan,  semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih

Leave a Reply