Bahaya Radang Sendi Yang Wajib Kamu Tahu

bahaya radang sendiBahaya radang sendi yang wajib kamu tahu – Radang sendi atau disebut juga sebagai artritis merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan (inflamasi) dalam satu atau beberapa sendi. Gejala yang dirasakan penderita biasanya rasa nyeri, bengkak, kemerahan, atau sensasi hangat pada sendi. Radang sendi juga bisa menimbulkan sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Risiko terkena radang sendi biasanya mengalami peningkatan seiring pertambahan usia. Selain itu, obesitas, jenis kelamin, dan riwayat kesehatan keluarga juga bisa turut berpengaruh. Terlebih lagi jikalau ada riwayat cedera pada sendi, maka rasa sakit di sekitar sendi tersebut bisa kambuh di kemudian hari.

Penyakit radang sendi ini cukup berbahaya bagi kehidupan manusia alasannya yakni Jika tidak segera diobati, maka bisa terjadi kerusakkan persendian yang berujung kelumpuhan, dan bahkan bisa menimbulkan final hayat dini. itulah bahaya radang sendi

Penyebab Radang Sendi

Karena radang sendi banyak macamnya, maka penyebabnya pun berbeda-beda. Berikut penyebab radang sendi yang utama.

Penyebab Osteoarthritis (OA)

Osteoarthritis terjadi dikala ada kerusakan di dalam dan sekitar sendi, di mana kerusakan itu tidak bisa sepenuhnya diperbaiki oleh tubuh. Penyebab pasti tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor dipercaya sanggup meningkatkan risiko membuatkan kondisi tersebut.

Seperti cedera sendi, infeksi sendi, usia tua, obesitas, dan riwayat keluarga. Pada osteoarthritis, kerusakan sendi tidak sepenuhnya bisa diperbaiki sehingga beberapa tulang rawan (permukaan pelindung yang memungkinkan sendi untuk bergerak dengan lancar) dalam sendi bisa hilang, pertumbuhan tulang baru bisa terjadi di sana, dan sendi bisa menjadi sedikit meradang (merah dan bengkak).

Penyebab Rheumatoid Arthritis (RA)

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan kapsul sendi, membran tangguh yang membungkus semua kepingan sendi. Lapisan ini dikenal sebagai membran sinovial, menjadi meradang dan bengkak. Proses penyakit karenanya bisa merusak tulang rawan dan tulang di dalam sendi. Memang belum jelas apa yang menimbulkan sistem kekebalan tubuh menimbulkan radang sendi ini, meskipun sudah diketahui beberap faktor risiko seperti jenis kelamin wanita, riwayat keluarga dengan rheumatoid arthritis, dan merokok.

Gejala Radang Sendi

Gejala radang sendi pada umumnya adalah:

  • Nyeri dan kaku pada sendi.
  • Gerakan sendi terbatas.
  • Kulit pada sendi bermetamorfosis merah dan hangat.
  • Otot sekitar sendi mengecil dan kekuatannya menurun.

pantangan masakan penderita radang sendi

Dengan menerapkan contoh masakan sehat bisa membantu penderita radang sendi dalam proses penyembuhan. Kemudian pantangan-pantangan itu harus benar-benar diikuti semoga radang sendi tidak kambuh kembali.

  • Hindari konsumsi minuman beralkohol. Minuman mengandung alkohol harus dijauhi bagi seseorang yang mengalami peradangan sendi, alasannya yakni bisa menimbulkan reaksi di persendian.
  • Hindari masakan laut. Sea food atau masakan maritim seperti cumi-cumi, udang, cumi-cumi, ikan teri, kerang, kepiting, atau tiram bisa menimbulkan rasa nyeri pada sendiri apabila dikonsumsi secera berlebihan.
  • Hindari mengkonsumsi jenis unggas. Untuk mencegah supaya radang sendi tidak kambuh maka harus menghindari makan dari jenis unggas seperti angsa, bebek, atau kalkun.
  • Hindari konsumsi daging merah. Daging merah seperti daging kambing, daging kuda, atau daging sapi wajib dihindari bagi penderita radang sendi. Hal itu alasannya yakni bisa merangsang rasa nyeri pada persendian apabila dikonsumsi secara berlebihan.
  • Hindari masakan yang diawetkan. Radang sendi juga sanggup kambuh apabila seseorang mengkonsumsi masakan yang diawetkan seperti sarden atau kornet sapi.
  • Hindari sayuran tertentu. Penderita radang sendi disarankan untuk menghindari jenis sayuran tertentu seperti kangkung, bayam, asparagus, daun singkong, kembang kol, hingga buncis.
  • Hindari mengkonsumsi jenis kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, hingga tauge.
  • Hindari semua jenis masakan yang dibuat dari materi dasar melenjo. Seperti yang diketahui jikalau melinjo bisa diolah menjadi aneka macam bentuk masakan seperti emping atau kerupuk. Namun masakan tersebut harus dihindari alasannya yakni bisa mensugesti radang sendi.
  • Hindari beberapa jenis buah. Buah-buahan yang mesti dihindari seperti durian dan nanas.
  • Hindari konsumsi jeroan. Jeroan seperti ati, usus, atau rempela harus dihindari bagi penderita radang sendi.

makanan untuk penderita radang sendi

Sendi memang sangat akrab kaitannya dengan tulang, jikalau ingin mempunyai persendian yang kuat, maka harus membangun tulang yang kuat juga. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk membangun tulang yang kuat dibutuhkan asupan kalsium dan vitamin D tadi. Kalsium ini bisa berfungsi sebagai pendukung struktur tulang, sedangkan untuk vitamin D ia bisa membantu meningkatkan perembesan kalsium dan pertumbuhan tulang seseorang.

Oleh alasannya yakni itu, masakan atau asupan sehari-hari juga sangat penting sekali untuk menunjang kesehatan terutama pada kepingan sendi. Seperti yang sudah saya rangkum masakan yang baik dikonsumsi penderita radang sendi di bawah ini.

Buah Alpukat

Buah alpukat memang kaya akan lemak baik yang bagus sanggup meningkatkan kesehatna sendi kita, selain mengandung lemak baik, buah yang satu ini pun juga mengandung lutein yang bagus untuk kesehatan mata kita.

Kelapa

Kelapa mengandung vitamin E, K dan juga zat besi yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan mempercepat kinerja kalsium. Sementara itu vitamin E ini bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Kacang-Kacangan

Kacang – kacangan bisa jadi sumber masakan nabati yang sangat kaya akan flavanoidnya. Contoh dari kacang – kacangan yang mengandung flavanoid ini ialah kacang kedelai. Flavanoid yang terdapat di dalam kacang kedelai ini dinamakan dengan isoflavon.

Buah Berry

Buah berry mempunyai warna yang gelap, warna tersebut di bisa alasannya yakni di dalam buah berry ini terdapat kandungan flavanoid yang tinggi. Memakan disaat masih segar akan lebih baik daripada dikala buah berry ini sudah terpapar layu terkena sinar matahari. Buah berry ini banyak kita beli di pasar penjual buah-buahan, dan jikalau anda membelinya dikala masih segar dijamin kandungan flavanoidnya sangat melimpah.

Teh Hijau

Teh hijau terdapat senyawa polyphenol yang bermanfaat sebagai sebuah antioksidan pencegah inflamasi dan bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Sayuran

sekumpulan sayuran yang menjadi sumber kandungan flavanoidi ini biasanya akan mempunyai warna merah dan hijau. Sayuran tersebut antara lain ialah paprika, tomat, cabai merah dan terong

Itulah sedikit pembahasan tentang bahaya radang sendi yang wajib kamu tahu walaupun pembahasannya cukup singkat semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua terima kasih

Leave a Reply